Rabu, 05 September 2018

ALAT MUSIK TRADISIONAL SUMBAWA BARAT



1. SARUNE




8 Alat Musik Tradisional Dari Nusa Tenggara Barat (Sumbawa)sarune atau suling khas sumbawa ini terbuat dari bambu dan daun lontar yang dililitkan pada setiap ujung bambu. Lilitan daun lontar pada setiap ujung bambu menandakan ujung dan pangkal bambu, lilitan daun lontar yang besar menandakan ujung suling dan lilitan yang kecil menandakan tempat suling ditiup atau pangkal suling






 Bambu sebagai tangkai dan tempat lubang nada, daun lontar sebagai pengeras suara. Lubang nada dalam alat musik ini biasanya berjumlah enam lubang dengan 1 lubang diarah berlawanan dengan lubang lainnya sebagai corong.
Dalam kepercayaan Suku Sumbawa, alat musik ini dipercaya dapat menjadi media pengobatan alternatif bagi orang yang terkena gangguan dari roh halus. Orang yang terkena gangguan diasapi dnegan menggunakan kemenyan sebelum memainkan alat ini di depan ornag yang sakit.


2.Gong Genang


Hasil gambar untuk MUSIK KHAS SUMBAWA Gong genang merupakan alat musik yang selalu ada disetiap acara adat di sumbawa karena gong genang merupakan alat musik yang paling utama dengan genang (gendang) sebagai pembawa ritme dan diikuti oleh gong dan serune. Gong genang selalu digunakan dalam acara adat seperti pengantin dan sunatan gong genag selalu dimainkan pada malam hari yang bertujuan untuk memeriahkan acara dan mengundang masyarakat untuk ikut bergabung dan berkumpul dirumah pembuat acara adat.






Hasil gambar untuk MUSIK KHAS SUMBAWA
Gong Genang digunakan untuk mengiringi Tari Daerah Sumbawa, gentao, ngumang, beberapa upacara adat, dsb. Pada awalnya, ansambel ini hanya terdiri dari  genang, serune dan gong, namun pada perkembangan berikutnya, mendapat penambahan alat musik lainnya, yaitu palompong, santong srek, dll. Motor penggerak ansambel ini adalah genang yang berfungsi sebagai pembawa rhytme atau irama melalui temung (jenis pukulan) genang.

sumber:https://www.masterpendidikan.com/2017/11/alat-musik-tradisional-dari-nusa-tenggara-barat-sumbawa.html



 3. Rabana


Di Sumbawa ada dua Rebana yang dipergunakan yakni Rebana Ode ( Rebana Kecil ) yang dibuat dari kayu dan kulit kambing dan Rebana Rea ( Rebana Besar ) yang dibuat dari kayu dan kulit kerbau. Yang terakhir ini sudah sangat langka sehingga jarang dijumpai diseluruh wilayah Kabupaten Sumbawa.



Rabana biasanya digunakan untuk mengiringi Ratib yang biasaya disebut dengan Kesenian Ratib Rabana Ode, kessenian ini terbilang unik karena tidak dijumpai didaerah lain di Indonesia. Ratib atau menyenandungkan bait-bait lagu yang bertemakan  Islam.

Ratib Rabana Ode biasa dimainkan pada saat acara pernikahan dan sunatan , biasanya juga digunakan sebagai media hiburan dan untuk penyambutan tamu-tamu dari luar daerah.

4 komentar:

Pakaian adat sumbawa

Pakaian Adat Sumbawa Pakaian Adat Suku Sumawa (Sumbawa), Nusa Tenggara Barat Masyarakat asli pulau Sumbawa terkenal dengan kain songket...